Tantangan dan Peluang Pemanfaatan ICT dalam Pemasaran Produk Klaster UMKM di Kabupaten Temanggung
Abstract
UMKM memiliki peran penting dalam penyerapan tenaga kerja, menggerakan ekonomi lokal hingga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut menjadi alasan bagi UMKM untuk tetap berkembang dengan menyesuaikan diri di era globalisasi. Salah satu upaya adaptasi UMKM adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi melalui penggunaan ICT (Information and Communication of Technology). Berkembangnya ICT diseluruh sektor kehidupan, terutama pada sektor perdagangan, tentu akan memberikan peluang dan tantangan bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya. Paper ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana peluang dan tantangan UMKM di Kabupaten Temanggung dalam memanfaatkan ICT dalam memasarkan produknya. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif pada persebaran UMKM yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Temanggung. Proses pengambilan data dilakukan dengan pendekatan purposive sampling untuk UMKM (melakukan aktivitas pengolahan) yang membentuk klaster di setiap desa/kelurahan di Kabupaten Temanggung. Paper ini menghasilkan temuan terkait profil dan tantangan terkait pemanfaatan ICT oleh klaster UMKM di Kabupaten Temanggung dalam memasarkan produk.
Keywords
ICT, UMKM, Pemasaran, Tantangan, Peluang
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 BHUMIPHALA : Jurnal Pengembangan Daerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BHUMIPHALA, Jurnal Pengembangan Daerah
ISSN : 2721-2343 (media online)